Sabtu, 19 Mei 2018

Cut Carbo dengan Soyjoy, Puasa Sehat Jangan Kalap!


Ngerasa nggak sih kalau setelah bulan puasa biasanya berat badan kita malah naik? padahal kan kita seharian puasa selama 1 bulan, kok bisa ya? Nah! ini yang mau aku bahas di sini, kebetulan hari Minggu, 13 Mei 2018 aku di undang lewat @hijaberunitedbdg untuk dateng ke acaranya Soyjoy yang diadain di @mamayu.kitchen. Ternyata penyebab berat badan kita naik selama berpuasa itu dikarenakan rasa kalap ketika sahur dan berbuka, secara tidak sadar kita memakan karbohidrat yang berlebih. Penyakit yang bisa timbul akibat kelebihan karbohidrat diantaranya Diabetes Tipe 2, Jantung, Obesitas, Resiko Kanker, dll. Untuk itu soyjoy memberikan tips Cut Carbo dengan Soyjoy selama bulan puasa.


HUBdg X Soyjoy at Mamayu Kitchen

Karbohidrat memiliki kandungan kalori 4 gram dan termasuk kandungan kalori yang cukup tinggi untuk tubuh. Setiap orang berbeda-beda kebutuhan kalorinya sesuai dengan jenis kelamin, usia, tinggi dan berat badan. Sebagai contoh rata-rata kebutuhan kalori per hari 2000 cal, biasanya kebanyakan orang berbuka puasa dengan kalap diawali dengan makan gorengan (primadonanya buka puasa nih!haha..) 1 buah gorengan itu mengandung 100-200 kalori, jika kita makan 5 buah gorengan saja sudah memenuhi setengah dari kebutuhan kalori kita per hari. Apalagi jika setelah makan gorengan minumnya es kepal yang sedang kekinian, kalian tau berapa kalori yang terkandung disemangkok es kepal? bisa sampai 900 cal !! belum lagi es campur, kolak,  makan nasi dan laukpauknya itu sudah melebihi kalori yang kita butuhkan, sehingga mendorong kenaikan berat badan.



Dalam event ini soyjoy memberitahukan kita untuk mengkonsumsi makanan LOW GI untuk cemilan sahur dan berbuka puasa, supaya berat badan kita tetap stabil atau bahkan turun. Apa itu GI (Glycemic Index)? adalah indikator kecepatan proses perubahan dari karbohidrat diubah menjadi gula di dalam tubuh. Soyjoy adalah salah satu makanan LOW GI karena terbuat dari kedelai yang kaya serat dan protein. Saat berpuasa soyjoy bisa dimakan pada waktu:

  • Setelah makan sahur, mengkonsumsi satu bar soyjoy  mampu memperlambat turunnya gula darah sehingga rasa kenyang akan terasa lebih lama tanpa takut merasa cepat lapar, mengantuk, dan lemas.
  • Ketika berbuka puasa sebelum makan besar, karena dapat mengontrol nafsu makan sehingga tidak kalap saat berbuka dan tidak cepat mengantuk saat ibadah tarawih.

Event HUBandung x Soyjoy kali ini juga memberikan kesempatan peserta untuk membuat salad yang dikreasikan dengan soyjoy, di sana juga kita diperlihatkan jika soyjoy bisa dikreasikan dengan makanan lain salah satunya alpukat yang dihaluskan dan dikasih madu kemudian disajikan dengan potongan soyjoy diatasnya. 

salad buatanku + potongan soyjoy chocolate almond


Banyak manfaat yang bisa diambil dalam even HUBandung x Soyjoy kemarin, kita jadi lebih tau apa yang perlu dibatasi dan bagus untuk tubuh kita dan kuncinya untuk bulan ramadhan ini puasa jangan kalap! demi kesehatan dan yang terpenting untuk wanita supaya berat badan tidak naik setelah berpuasa, terimakasih @soyjoyid.



Love,

rdeliana
@rdelianaby

1 komentar: