Jumat, 03 Mei 2019

4 Kunci Penting Menjaga Tubuh Selama Puasa

Assalamualaikum ukhti...akhi..
Sudah terasa yaaa suasana bulan Ramadhan.. 
Mohon maaf lahir bathin ya teman-teman, Selamat berpuasa..
gimana persiapan kalian menghadapi bulan puasa?
biasanya apa sih yang terpikir pertama kali ketika mendengar bulan Ramadhan?

Kalau aku sihh yang pertama kali kepikiran ketika menjalankan ibadah puasa, pasti di siang hari bawaanya lemes, tidak bertenaga, lunglai, lesu. Kebayangkan selama puasa tubuh kita tidak akan menerima asupan makan dan minum kurang lebih 14 jam. Sudah pasti akan ada perubahan kebiasaan seperti waktu makan, jam istirahat, jam aktivitas, semua perubahan itu akan menyebabkan porsi makan yang tidak teratur, malas berolahraga, pemilihan sumber makanan yang tidak tepat, dan kurang minum yang menyebabkan dehidrasi. Bagaimana sih supaya bulan puasa kali ini kita bisa tetep seperti hari-hari biasa? tetep sehat, badan bugar, tidak dehidrasi dan tetap menjalankan puasa tanpa harus membatasi aktivitas kita?



Nah untuk membahas itu tanggal 28 April 2019 lalu BloggerVloggerYeppo berkesempatan mengadakan acara "Beauty Talk, Cantik saat Ramadhan bersama Pocari Sweat" dan aku seneng banget bisa hadir di acara ini karena banyak ilmu dan tips yang aku dapat untuk mempersiapkan bulan puasa supaya maksimal. 




Menurut Nutritionist kak Rahma sebagai pengisi acara kemarin ada 4 kunci penting menjaga tubuh selama berpuasa diantaranya yaitu :

1. Makan yang Cukup dan Bergizi

Tubuh memiliki kebutuhan gizi yang sama dengan saat tidak berpuasa. Perbedaannya, jumlah makanan yang masuk tubuh mungkin berkurang. Zat gizi mikro seperti kebutuhan vitamin dan mineral memiliki manfaat yang sangat besar untuk menopang seluruh aktivitas hingga memelihara kelangsungan kerja organ-organ tubuh serta menjaga imunitas tubuh dalam kehidupan sehari-hari.

2. Berolahraga Saat Berpuasa

Walaupun kita sedang menjalankan ibadah puasa tapi kita harus tetap berolahraga hanya saja waktunya yang berbeda. Jika biasanya kita berolahraga dipagi hari, dibulan puasa ini waktu berolahraga berpindah menjadi 30 menit sebelum berbuka puasa.

3. Pembagian Persentase Kebutuhan Gizi Pada Tiap Waktu Makan

Biasanya yang kita lakukan dibulan puasa memakan segala jenis makanan dalam satu waktu ketika berbuka puasa dan makan seadanya ketika kita sahur karena males bangun subuh. Ini yang menyebabkan tubuh kita tidak seimbang disiang hari, seharusnya kita harus membagi-bagi persentase tiap waktu makan seperti contoh di bawah ini :

BUKA PUASA


  • Sebelum Sholat Magrib : 10%
  • Sesudah Sholat Magrib : 10%
  • Setelah Sholat Taraweh : 20%
MAKAN SAHUR
  • Saat bangun : 10%
  • Makan sahur menjelang imsak: 30%


4. Pentingnya Menghidrasi Tubuh

Tidak ada asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam di siang hari ketika kita sibuk-sibuknya beraktivitas pada bulan puasa akan berdampak pada keadaan tubuh kita, menyita energi yang berdampak air dalam tubuh pun menjadi berkurang. Kondisi inilah yang menyebabkan dehidrasi (kekurangan kandungan air dalam tubuh). Dampak yang terjadi jika kita kekurangan cairan tubuh saat berpuasa bisa menyebabkan sakit kepala, cepat lelah, kewaspadaan berkurang, mood menurun semua dampak ini bisa mengurangi kekhusyuan kita di bulan ramadhan.


Nggak mau kan ibadah kita jadi terganggu gara-gara dehidrasi? karena itu kak Rahma sebagai ahli gizi selain menyarankan untuk mengkonsumsi buah yang tinggi kadar airnya dan makanan berkuah, kak Rahma juga menyarankan kita mengkonsumsi isotonik untuk menghindari dehidrasi di saat berpuasa. Salah satunya dengan mengkonsumsi Pocari Sweat saat sahur.


Keuntungan mengkonsumsi pocari sweat saat sahur :


  • Kandungan air dan ion di dalam pocari sweat mirip cairan tubuh, 
  • Diserap lebih baik oleh tubuh sehingga cairan bertahan lebih lama dalam tubuh seperti kaktus yang dapat menyimpan cairan,
  • Bantu cegah dehidrasi (tidak cepat haus)




Jadi gimana nihh udah pada sediain pocari sweat untuk bulan puasanya belum ? 



love
rdeliana

6 komentar:

  1. Mudah-mudahan puasa tahun ini dilancarkan yaa..go ion go ion hehe..btw tempat minumnya baguuuuss, sukaaa

    BalasHapus
  2. Wah mantap nih teh mempersiapkan banget puasa dengan pocari sweat, semoga terhindar dari dehidrasi dan tetap semangat menjalankan aktivitas

    BalasHapus
  3. Berarti harus banget nyetok pocari sweat ya teh?

    BalasHapus
  4. semuanya siap sedia pocari saat sahur tapi harus di imbangin dengan makanan yang sehat dan bergizi

    BalasHapus
  5. Wah ternyata penting bangeet menjaga cairan tubuh saat puasa ya, apalagi dengan diimbangi minum cairan yg mengandung ion seperti pocari sweet, btw botol minumnya gemes

    BalasHapus
  6. Bener banget yaa pocarisweat ini ngebantu bangetvbuat menjaga kebugaran tubuh terutama pas lagi puasa gini

    BalasHapus