Senin, 13 Mei 2019

Diet Sehat Saat Berpuasa di Acara 1st Anniversary Bandung Hijab Blogger

Assalamualaikum teman -teman yang sedang menjalankan ibadah puasa...
Semoga puasa tahun ini diberi kesehatkan oleh Allah swt. sehingga lancar ibadahnya dan mendapatkan pahala berlipat ganda aamiin.. 

Di tulisan kali ini aku ingin berbagi kebahagiaan, keceriaan dan keseruan saat menghadiri milad pertama Bandung Hijab Blogger serta ada sharing tentang diet sehat yang dilakukan saat berpuasa. 


Yeaaaayyyyy akhirnyaaa BHB sampai juga ditahun yang pertama ini, seneng banget bisa jadi bagian dari keluarga yang semakin membesar ini. Semoga Bandung Hijab Blogger bisa menjadi wadah yang bisa saling mensuksesnya para membernya, menjadi penyemangat berkarya, dan semoga semua target, pencapaian yang ingin diraih terlaksana satu per satu dengan kelancaran dan keberkahan. Aamiin. 

Tepatnya tanggal 27 April 2019 aku datang ke acara Bandung Hijab Blogger Milad 1 yang bertempat di Green Tea Holic Jalan Guntur No. 21 Kota Bandung di sana aku bertemu temen-temen member BHB yang sebagian memang sudah aku kenal sebelumnya banyak juga temen-temen yang biasanya saling menyapa di whatsup grup dan medsos, pada hari itu seneng banget bisa ketemu langsung, ngobrol, bermain games bersama dan masih banyak keseruan lainnya. Karena acara dimulai jam 12 siang jadi ketika aku sampai di tempat acara aku langsung disuguhkan makanan yang sudah disajikan untuk para member yang datang dan kamipun makan bersama. Setelah makan siang selesai, Acara Milad 1 BHB di mulai dengan MC cantik teh mpus dan yang pertama menjadi pembicara ada Rara selaku founder dari BHB memberi sambutan kepada member yang datang.


Dilanjutnya dengan pembicara dari pihak zoya yang menjelaskan tentang tips n trik berdandan dengan alat atau produk makeup seadanya yang kita punya di rumah untuk dijadikan multifungsi yang bisa kita pakai untuk memaksimalkan dandanan kita. Seperti contoh jika kita tidak mempunyai blush on, lipstik yang kita punya di rumah juga dapat digunakan sebagai blush on yang bertekstur cream, bisa juga digunakan sebagai eyeshadow, bila mempunyai lipstik dengan warna orange, dapat digunakan sebagai corrector untuk menutupi warna gelap pada wajah (misalnya mata panda) dan masih banyak lagi contoh-contoh produk makeup yang bisa multifungsi sehingga tidak jadi masalah jika kita hanya mempunyai beberapa produk makeup, tapi kita masih bisa memaksimalkan dandanan kita. Bahasan ini lebih dalamnya nanti deh aku bahas tersendiri pas lagi ngomongin permake-up-an aja yaahh hehe...


Pembicara ketiga ada perwakilan dari pihak pocari sweat yaitu kak Uti yang menjelaskan bahwa kebutuhan ion di dalam tubuh manusia sangat penting untuk menjaga cairan tubuh. Terutama di bulan puasa ini karena ada beberapa perubahan pada tubuh saat kita berpuasa, diantaranya :
  • Sistem pencernaan istirahat bekerja 
  • Frekuensi dan jumlah makanan yang dikonsumsi berkurang
  • Konsumsi cairan berkurang 
  • Tetap beraktivitas dan kehilangan cairan tubuh
Kak Uti juga memberikan tips apa yang harus kita lakukan untuk menjaga cairan tubuh saat berpuasa 
  • Kurangi konsumsi makanan yang pedas karena makanan yang pedas meningkatkan rasa haus.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran karena buah dan sayuran mengandung banyak air, dan yang terakhir,
  • Pastikan cukup konsumsi cairan & ion

Baca Juga : 4 Kunci Penting Menjaga Tubuh Selama Puasa


Di bulan ramadan ini kak Uti menyarankan kita untuk mengkonsumsi pocari swaet pada saat sahur, kenapa harus Pocari Sweat? dan kenapa Pocari Sweat lebih baik diminum saat sahur? Karena...
  • Kompisisi yang dimiliki Pocari Swaet mirip cairan tubuh, mengandung AIR dan ION
  • Diserap lebih baik oleh tubuh, cairan bertahan lebih lama dalam tubuh
  • Bantu cegah dehidrasi, tidak cepat haus.
Setelah itu kak Uti dari pocari memberikan games adu kecepatan menjawab pertanyaan dan aku juara tiga tergerecep haha.. dapet dehh tumbler yang super kece dari pocari sweat.



Selanjutnya kak Uti memangil Ibu Enok Sobariah sebagai Ahli Gizi untuk tau lebih dalam mengenai bagaimana menjaga tubuh dan pola hidup yang sehat serta berbagi tips menjaga asupan gizi tetap terpenuhi saat berpuasa. Pola hidup sehat yang disampaikan ibu Enok itu harus ada 4 bagian penting yaitu Pola Istirahat, Pola Olahraga, Pola Tidur, dan Pola Makan. Di sini bu Enok lebih menjelaskan tentang pola makan ketika bulan puasa supaya kita tetap sehat, bugar, dan segar meskipun berpuasa.



Pola Makan itu terdiri dari 3 J yaitu : Jumlah Makanan, Jenis Makanan dan Jadwal Makanan. Makanan itu sendiri dibagi menjadi beberapa golongan diantaranya ada makanan :

Golongan I Sumber Karbohidrat (Kentang, Nasi, Mie, dan Roti Gandum).



Golongan II Sumber Protein Hewani  (telur, ayam, daging dan ikan)



Golongan III Sumber Protein Nabati (tempe, tahu, dll)



Golongan IV Sumber Sayuran


Golongan V Sumber Buah


Golongan VI Sumber Lemak (Keju, Margarin, Daging Sapi, Otak, dll)



Untuk mengetahui seberapa besar asupan makanan yang kita perlukan supaya tetap sesuai dengan kebutuhan badan tidak berlebihan ataupun tidak kekurangan, ada beberapa rumus untuk mengetahuinya. Niiihh aku kasih Rumus Brocca


jadi gimana nih kalian sudah termasuk mempunyai berat badan ideal gak?

Sekarang aku kasih rumus IMT (Indeks Masa Tubuh)


termasuk gengs yang mana nihh kurus? normal? gemuk?

Nah sekarang kita hitung berapa kalori yang kita perlukan, karena kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas kita sehari-hari.
Kebutuhan Kalori Dewasa :
  1. BMR (Basal Metabolic Rate)
  2. Aktivitas
  3. SDA (Specific Dynamic Action)
Sebagai Contoh :



Jika kita membutuhkan 1500kkal kita bisa diet selama berpuasa dengan membagi-bagi porsinya.

Buka Puasa :
1. Sebelum Sholat Magrib 10%   : Makanan segar 150 kkal
2. Sesudah Sholat Magrib 30%    : Makanan padat 450 kkal
3. Sesudah Sholat Taraweh 20%  : Makanan Kecil 300 kkal 

Makan Sahur
1. Saat Bangun                              : 10% 150 kkal
2. Makan sahur menjelang imsak : 30% 450 kkal

Dengan membagi-bagi jadi beberapa porsi itu kita bisa diet selama puasa tetapi tetap kebutuhan dan gizi untuk asupan badan kita terpenuhi. Ibu Enok sebagai Kepala Inst Gizi di RSUD Cibabat dan Dosen Poltekes & Stikes juga mengingatkan kalau berpuasa selama > 14 jam dan berada di daerah tropis seperti Indonesia ini akan menyita energi sehingga cairan dalam tubuh pun menjadi berkurang.
Kondisi inilah yang menyebabkan dehidrasi (kekurangan kandungan air dalam tubuh). Padahal fungsi cairan tubuh itu sangat penting sebagai :
  • Pembentukan sel dan cairan tubuh
  • Sebagai pengatur suhu tubuh
  • Sebagai pelarut, (pada pria dewasa 60%, wanita dewasa 55%)
  • Sebagai pelumas dan bantalan
  • Sebagai media transportasi
  • Sebagai media eliminasi toksin (racun) dan produk sisa metabolisme
  • Cadangan cairan dalam tubuh
Untuk meminimalkan dehidrasi saat bulan ramadhan, ini jumlah dan cara minum yang benar dilakukan pada saat berpuasa :
- 2 gelas saat berbuka
- 4 gelas saat malam
- 2 gelas saat sahur


Sama seperti kata kak Uti dari Pocari Sweat, Bu Enok juga menyarankan untuk mengkonsumsi pocari sweat menjelang sahur karena ION dalam Pocari Sweat membantu menahan cairan lebih lama di dalam tubuh, sehingga bisa cegah dehidrasi. Sangat diperlukan sekali oleh tubuh ketika bulan puasa seperti ini.


Banyak banget kan ilmu yang bermanfaat dishare di acara BHB ini? sekali lagi terimakasih untuk Bandung Hijab Blogger yang sudah mengundang aku, seneng banget dapet ilmu banyak dan bisa berkumpul dengan sesama temen-temen blogger. Ditunggu acara Milad kedua tahun depan yaaa!! 


love, 
rdeliana





Tidak ada komentar:

Posting Komentar